-->

Kartu Prakerja dan Cara Daftarnya

Rachmatalamsyah.com - Apa itu Kartu Prakerja dan Apa tujuannya bagi warga negara indonesia?  Kartu Prakerja adalah salah satu Program yang di canangkan Oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk membantu para Para pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini sebenarnya telah ada sejak Awal tahun 2020 tepatnya pada tanggal 14 April 2020 situs Prakerja di Launching dan mulai menerima pendaftar yang ingin menerima manfaat Kartu Prakerja .

Kartu Prakerja

Program Prakerja ini sendiri bekerja sama dengan beberapa Marketplace/Mitra Platform Digital Seperti Ruang Guru, Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, dlln yang menyediakan berbagai macam bidang pelatihan yang bisa kita beli dengan menggunakan saldo Kartu Prakerja yang kita dapatkan setelah melalukan Registrasi di situs Prakerja, Selain Membantu para pencari Kerja Program ini juga di tujukan kepada mereka yang kehilangan mata pencaharian Selama Pandemi Virus COVID-19, Seperti yang dikatakan Bapak Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartanto bahwa melalui arahan Bapak Presiden Joko Widodo Program Kartu Prakerja tidak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda namun juga mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19. Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk hal ini, kami harap program ini dapat membantu daya beli para pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian”.

Penerima Kartu Prakerja

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada :

  • Pejabat Negara;
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Aparatur Sipil Negara;
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia;
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Manfaat Kartu Prakerja 

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch.
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal.
  • Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.

Banyak yang menyangka bahwa manfaat Prakerja ini yaitu pemerintah Menggaji para Pengangguran padahal faktanya tidak seperti itu karena Program ini di berikan cukup sekali saja dan hanya untuk membantu Para Pencari kerja untuk meningkatkan Skillnya sebelum mereka memasuki dunia Kerja serja sesungguhnya. 

Cara Daftar Prakerja

Sayangnya untuk Pendaftaran saat ini sedang tertutup dan belum ada informasi kapan akan di buka kembali untuk memastikan anda bisa mengunjungi link nya di : https://www.prakerja.go.id/ , Untuk registrasi sendiri di situsnya sudah ada petunjuk bagaimana memulai mendaftar sampai dengan tes pertama yang harus di isi agar kita bisa diberikan saldo di kartu prakerja hingga memilih pelatihan yang bisa kita beli dari saldo prakerja yang kita dapatkan sebesar 1 Juta Rupiah. Berikut Gambar Skema cara daftar kartu prakerja yang bisa anda ikuti :

Cara Daftar Praker ( Jika Kurang Jelas Klik Gambar )

Jika sudah di terima dan telah menyelesaikan 1 Pelatihan maka anda berhak mendapatkan sertifikat kelulusan pelatihan dan artinya anda juga akan mendapatkan insentif sebesar 2 juta lima ratus lima puluh ribu rupiah yang akan masuk ke Rekening anda setiap bulannya. Pengaturan Rekening di awal sangat penting agar insentif bisa di transfer dan masuk tepat waktu. Kami sendiri menyarankan untuk menggunakan Rekening Link Aja kenapa? karena di Link Aja sangat mudah dan aman di Gunakan langsung dari Smartphone kita selain itu Link Aja tidak ada biaya potongan sepeserpun saat Insentif masuk dan saat Transfer ke Rekening Pribadi kita.

Itulah Penjelasan Singkat mengenai Kartu Prakerja dan Cara Daftarnya, Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kartu Prakerja dan Cara Daftarnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel